Sabtu, 28 Juli 2012

Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Pencegahan lebih baik dari pengobatan, namun jika sudah terkena penyakit ini maka obat jantung sangat diperlukan karena penyakit ini sulit disembuhkan secara total. Penyakit jantung tidak pernah mengenal usia dan jenis kelamin. Kurangnya kesadaran akan penyakit ini menyebabkan penderitanya baru mengetahui setelah keadaan jantung kronis. Begitu juga dengan Jantung koroner yang tiba-tiba menyerang jantung.

Tidak dapat diketahui secara pasti tanda-tanda jantung koroner tapi beberapa hal yang sering dialami pada penderitanya antara lain adalah merasa sangat panas dibagian dada dan pusing berkepanjangan. Gaya hidup yang tidak sehat menimbulkan penyempitan dan penyumbatan di pembuluh arteri koroner.

Orang gemuk beresiko tinggi mengidap penyakit jantung, hal ini dikarenakan penumpukan lemak yang dapat menghalangi kinerja jantung saat memompa darah. Bagi penderita jantung disarankan untuk diet kolesterol dan diet jantung sehat. Hindari makanan cepat saji, goreng-gorengan, makanan manis dan karbohidrat berlebih. Gunakan minyak salmon atau bawang putih karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam makanan dan mengganti nasi dengan beras merah.

Tips lain untuk menghindari penyakit ini adalah mengubah kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat. Berhentilah menjadi perokok aktif dan pasif. Merokok dalam jumlah banyak hingga bertahun-tahun akan memperparah kondisi jantung begitu juga bagi yang menghirup asap rokok. Berusahalah untuk mengurangi rokok dan alkohol secara perlahan dan usahakan sebisa mungkin untuk menghentikannya. Kunci dasar untuk menghentikan rokok adalah kemauan dari diri sendiri.

Obat dari segala penyakit adalah olah raga, dengan berolah raga maka badan akan menjadi sehat dan terhindar dari segala penyakit termasuk jantung. Sempatkan untuk berolah raga seperti jalan kaki atau senam selama 30 menit setiap hari. Olah raga dapat membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh. Hindari stress karena hal tersebut bisa memicu keinginan makan dalam jumlah yang banyak. Bagi penderita jantung disarankan untuk sering mengkonsumsi buah mengkudu atau jamur kuping hitam sebagai obat jantung alami.

0 komentar:

Posting Komentar